RPP JSIT Sesuai Standar BAN Bahasa Indonesia kelas 9: Teks Tanggapan

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

 

Satuan Pendidikan              : SMP

Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia


Kelas/Semester                    : IX/I

Materi Pokok                       : Teks Tanggapan

Alokasi Waktu                     : 2 x 40 menit

 

 

KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia

 
3.7 Mengidentifikasi informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya, dll) yang didengar dan/atau dibaca

 

4.5 Menyimpulkan isi teks tanggapan berupa kritik, sanggahan, atau pujian (mengenai lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) yang didengar dan dibaca

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti zoom dan menyimak materi di google classroom peserta didik dapat:

1.       Membedakan kritik, sanggahan, dan pujian; merumuskan isi kritik, sanggahan, atau pujian dalam teks tanggapan yang dibaca sehingga menimbulkan karakter relegius, sikap peduli lingkungan, sosial, rasa ingin tahu, dan mandiri.

2.      

Materi

Teks Tanggapan

 
Mengidentifikasikan informasi berupa kritik, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan yang dibaca;dengan benar.

3.       Merumuskan isi kritik, sanggahan, atau pujian dalam teks tanggapan yang dibaca sehingga menimbulkan karakter relegius, sikap peduli lingkungan, sosial, rasa ingin tahu, dan mandiri.

 

Media/Alat, Model dan Sumber Belajar

Media

1.         LKPD

2.         Lembar Penilaian

3.         Zoom meeting

4.         Whattsup group

Pendekatan                          : Scientific Learning

Kelas/semester

9/1

 
Model Pembelajaran        : Kooperatif Jigsaw dan Group Investigation

 

Sumber Belajar

1.       Mafrukhi, Sawali dan Wahono.2016. Mahir Berbahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs. Jakarta: Erlangga.

2.       Trianto, Agus dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas lX. Jakarta: Kemendikbud.

3.       LKPD

4.       Teks Tanggapan

 

2 Jam Pelajaran

 
 

 


Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan 1

Kegiatan Pembelajaran

Waktu

Sintak pembelajaran

80 menit

 

 

Pendahuluan

10 menit

Persiapan Pembelajaran

  1. Membuat group kelas melalui Whattsup  dan memastikan anggota group untuk bergabung dalam zoom pembelajaran secara keseluruhan.
  2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  3. Mengingatkan mematuhi protokol kesehatan jika berada di luar.

Pendahuluan

Mengingatkan kembali materi sebelumnya, yaitu materi Teks Cerpen. Memberikan motivasi kepada peserta didik tentang pentingnya teks tanggapan dalam kehidupan sehari-hari baik langsung maupun tertulis seperti terdapat dalam surat kabar, artikel, internet,majalah dan media massa.

 

 

Kegiatan Inti

60 menit

Telaah

1.       Guru menunjukkan sebuah model teks tanggapan yang ada dalam media massa ataupun dari sumber-sumber lainnya yang disajikan dalam Salindia saat zoom

2.       Guru meminta peserta didik membaca/mendengarkan artikel Pembangun Karakter (Character Building) sebagai Modal Menghadapi Tantangan Global  di buku Mahir Berbahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs  dengan cermat dan teliti

Eksplorasi

3.       Bertanya jawab hal-hal yang belum dipahami dari kegiatan membaca/mendengarkan teks tanggapan yang sedang dipelajari

4.       Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan identifikasi teks tanggapan

Rumuskan

 

  1. Kelompok kecil melalui whattsup beranggotakan 4 orang.
  2. Secara daring peserta didik membaca dan mengamati teks “Siswa Nakal” dalam buku Mahir Berbahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs dan menyelesaikan Aktivitas 1dalam kelempok.

 

Presentasikan

7.       Peserta didik dalam kegiatan presentasi kelompok di zoom mengidentifikasi kritik, saran dan pijian yang ada dalam teks dan menemukan informasi dalam lembar kerja dan ditanggapi oleh kelompok lain

Aplikasikan

 

  1. Menyampaikan hasil diskusi  berupa laporan berdasarkan hasil analisis secara tertulis atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, , mengungkapkan pendapat dengan sopan

 

Duniawi

9.       Peserta didik dapat menyelaraskan hasil temuan dengan kehidupan sehari-hari dengan terbuka dan rasa ingin tahu

 

Ukhrowi

 

Dalam Q.S An-Nahl/16:125:

“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik pula...)

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

 

5 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

30 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15 menit

Penutup

10 menit

Menyimpulkan

1.     Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas kesulitan dalam mengidentifikasi teks tanggapan

2.     Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

Merefleksi

1.     Guru memberi kesempatan peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

2.     Guru menugasi kelompok menemukan artikel ilmiah teks tanggapan pada koran/majalah untuk pembelajaran pertemuan selanjutnya

 

 

A.        PENILAIAN

PENGETAHUAN

Teknik: Penugasan kelompok, dan individual

Bentuk : Tes objektif dan tes subjektif

Instrumen:

1.       Lembar aktivitas

2.       Lembar soal

KETERAMPILAN

Teknik: produk analisis teks

Bentuk pengamatan penilaian: spiritual, tanggung jawab, rasa ingin tahu

Instrumen:

Lembar observasi melalui google form

 

 

 

 

Mengetahui                                         Bengkulu, November 2020

Kepala Sekolah,                                  Guru Mata Pelajaran,

 

 

Syaidina Hamzah, S.E.                        Litra Puryanti, S.Pd.

 

 

Komentar